Smartphone Based Test atau Tes Berbasis Smartphone adalah tes dengan sistem pelaksanaan menggunakan smartphone sebagai media untuk melakukan tes. Penyajian dan pemilihan soal SBT dilakukan secara terkomputerisasi sehingga setiap peserta yang mengerjakan tes mendapatkan paket soal yang berbeda-beda.


Pelaksanaan ujian dengan sistem SBT atau Smartphone Based Test tentu memiliki perbedaan dengan sistem PBT atau Paper Based Test dalam hal media pengerjaan. Peserta ujian menggunakan sistem SBT langsung dapat memilih jawaban yang benar pada layar smartphone/Namun menggunakan sistem PBT peserta diwajibkan menghitamkan bulatan di kertas lembar jawaban.

Pada sistem SBT peserta ujian hanya perlu menggeser dan klik kursor pada jawaban yang dianggap benar. Namun dengan sistem PBT, peserta ujian juga dituntut untuk teliti supaya jawaban bisa terbaca saat dikoreksi dengan mesin pemindai. Kertas juga rentan berlubang jika menggunaakan penghapus yang kasar.

Sudah saatnya Ujian di Madrasah mengalami masa transisi dari sistem ujian PBT ke sistem SBT. Sistem SBT mulai diterapkan pada Ujian Nasional tahun 2015 sekarang juga sudah mulai diterapkan pada di semua ujian.

Sistem ini dikembangkan untuk meminimalisasi kecurangan atau kebocoran soal yang sering terjadi pada saat ujian, mencegah keterbatasan soal, kerusakan pada soal sehingga tidak keluarnya hasil setelah diperiksa. Sistem SBT akan mengurangi biaya pelaksanaan karena tentu tidak diperlukannya mencetak soal dan lembar jawaban dengan kertas, distribusi soal, pengawalan soal dari pihak keamanan serta mengurangi biaya mengoreksi hasil ujian dengan scanning LJK dan scoring yang membutuhkan waktu lebih lama.

Selain itu ujian dengan sistem SBT, lebih praktis, lebih gampang dan membuat peserta ujian lebih fokus. Tidak ribet dan lebih hemat waktu karena tidak perlu lama-lama mengisi lembar jawaban, tidak perlu menghapus kalau ada yang salah, tidak adanya kesalahan pengisisan data diri dan kode soal. Terdapat waktu di layar sehingga bisa memaksimalkan waktu yang tersedia. Semakin efektifnya dalam mengerjakan soal tentu semakin banyak soal yang bisa dijawab dan pasti kemungkinan hasil ujian juga semakin baik.


Madrasah Goes Digital

Madrasah Aliyah Negeri 1 Ngawi mengembangkan pendidikan berbasis digital.

E-Learning

Belajar dimana saja dengan nyaman melalui e-learning

Sistem Kredit Semester

Layanan utuh pembelajaran mengacu kepada konsep pembelajaran tuntas

Smartphone Based Test

Ujian yang diselenggarakan dengan menggunakan Smartphone




Kontak Kami

Silahkan Kontak Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut.

Alamat

MA Negeri 1 Ngawi

Jalan Jekitut No. 688 A Ngawi

 

Telepon

MA Negeri 1 Ngawi

(0351) 746174

 

E - Mail

MA Negeri 1 Ngawi

info@manngawi.sch.id